Laman

Selasa, 13 September 2011

ASAL MULA ORANG PARIAMAN

Tepat tanggal 2 Juli 2011, Kota Pariaman sebagai kota otonom dalam Pemerintahan Republik Indonesia diperingati berusia 9 tahun. Karena kota Pariaman sebagai kota otonom lahir berdasarkan surat keputusan Presiden yang diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri RI Hari Sabarno tanggal 2 Juli 2002 di halaman kantor Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat Desa Depdagri, Jakarta.



Kota Pariaman ini lahir berdasarkan Undang-Undang No. 12 tahun 2002 tanggal 10 April 2002 tentang pembentukan Kota Pariaman Propinsi Sumatera Barat yang ditandatangani oleh Presiden RI Megawati Soekarnoputri. Undang-Undang tersebut diundangkan ke dalam Lembaran Negara RI dengan nomor urut 25 tahun 2002 oleh Sekretaris Negara RI Bambang Kesowo.

Namun jauh sebelumnya, dari mana asal penduduk Pariaman. Jika dilihat masa silam kota Pariaman, maka Pariaman merupakan salah satu daerah rantau dari  Minangkabau, seperti halnya Padang, Pasisia, Tiku. Menurut struktur pemerintahan adat Minangkabau, rantau Pariaman dinamakan rantau Riak Nan Mamacah. Maksudnya, di mana harta pusakanya juga turun dari garis ibu. Sedangkan gelar (gala) pusaka, juga turun dari garis Bapak. Warisan gelar setelah berumah tangga turun dari bapak seperti Sidi, Bagindo dan Sutan. Gelar itu merupakan panggilan dari keluarga isteri yang lebih tua dari umur isteri kepada seorang laki-laki. Warisan dari bapak ini hanya ada di Pariaman.

Penduduk Pariaman umumnya turun dari Luhak Tanahdata. Selain itu juga dari Luhak Agam pada bagian Utara. Sedangkan bagian sebelah Selatan justru turun dari Solok. Meski demikian, tetap saja mereka yang turun dari Luhak Tanahdata menjadi pemegang utama roda pemerintah.

 Abdul Kiram dan Yeyen Kiram dalam bukunya Raja-Raja Minangkabau Dalam Lintasan Sejarah (2003;51-52) mencatat, nenek moyang yang mula-mula turun dari Luhak Tanahdata ada sebanyak empat orang Penghulu beserta rombongannya. Yakni Datuk Rajo Angek, Datuk Palimo Kayo, Datuk Bandaro Basa, dan Datuk Palimo Labih. Amanah dari Yang Dipertuan Pagaruyung, di mana jika rombongan berada pada sebuah tempat yang tidak diketahui namanya, maka segeralah diberi nama dan tanda.

Akhirnya tempat itu diberi nama Kandangampek. Karena rombongan mereka berjumlah empat. Tidak lama kemudian, di tempat yang sama datang lagi satu rombongan dipimpin Datuk Makhudum Sabatang Panjang. Kedua rombongan bergabung dan sepakat bersama-sama turun ke bawah menuju arah Barat. Selanjutnya, rombongan menemukan sebuah tempat yang agak tinggi, tapi belum diketahui namanya. Salah seorang anggota rombongan, menanamkan sebatang pohon sebagai pembatas antara Luhak dan Rantau. Di tempat itu rombongan sepakat menamakan Kayutanam. Daerah inilah yang membatasi Luhak (darek) dengan Rantau. Berbatas dengan Bukit Barisan yang melingkari Padangpanjang.

Perjalanan kelima orang Penghulu tersebut diteruskan sampai ke Pakandangan. Di sini mereka membangun perkampungan. Tidak lama kemudian datang lagi ke Pakandangan enam orang Penghulu dari Tanahdata, yakni Datuk Simarajo, Datuk Rangkayo Basa, Datuk Rajo Mangkuto, Datuk Rajo Bagindo dan Datuk Mangkuto Sati.

Keenamnya bergabung dengan rombongan yang datang sebelumnya. Luas perkampungan diperluas sampai ke Sicincin. Sebagai penghormatan, khusus lima orang Penghulu yang datang pertama, mereka ditempatkan di tengah-tengah kampung. Sedangkan enam Penghulu yang datang belakangan, melingkari tempat kediaman lima Penghulu tersebut. Daerah ini akhirnya bernama Anamlingkung. Kedatangan dua gelombang, untuk mengingatnya dijadikan Kecamatan 2 X 11 Anam-lingkuang dengan ibukota Sicincin. Kini kecamatan ini sudah dimekarkan menjadi tiga kecamatan. Yakni, Anamlingkung,  2 X 11 Anamlingkuang Sicincin dan 2 X 11 Kayutanam. Dari daerah-daerah ini, mereka terus menyusuri hingga ke pantai Pariaman.

Ada juga yang menyebutkan penduduk Pariaman dari Tanahdata turun melalui Malalak. Di Malalak rombongan terbagi dua kelompok. Satu kelompok langsung menuju Pariaman, satu kelompok lagi menuju Kampungdalam. Kuatnya hubungan kekeluargaan dengan Malalak ini dapat dilihat dari adanya kunjungan  dari orang yang berada di Pariaman, tapi berasal dari Malalak, kepada keluarga asal di Malalak.

Pariaman yang terletak di pinggir pantai, mudah dikunjungi pelaut dari berbagai negeri, menyebabkan mudahnya hubungan dengan daerah lain. Sehingga masyarakatnya pun mudah menerima perubahan, baik sosial, politik maupun agama.

Tak heran sebagai wilayah yang berada di pinggir pantai dan di singgahi oleh berbagai pedagang, Pariaman belakangan dihuni tak hanya dari keturunan Minangkabau dari daerah darek. Di Pariaman terdapat pula keturunan keling (kaliang). Mungkin karena warna kulitnya lebih hitam, maka disebut saja kaliang. Sehingga jika ada anggota keluarga rang Pariaman, sering dikatakan kulitnya hitam kaliang.  Bahkan sebelum proklamasi Indonesia 17 Agustus 1945, di Pariaman juga banyak terdapat keturuan Tionghoa (Cina). Bukti peninggalan keturunan Tionghoa yang tidak bisa dibantah adalah kuburan keturunan Tionghoa di Toboh Palabah dan nama daerah Kampungcino.

Sedangkan bangsa penjajah (Belanda, Inggris dan Jepang), yang pernah bermukim di Pariaman, hingga kini tak diketemukan lagi buktinya. Penulis hanya pernah mendapatkan informasi di sekitar Kampung Perak ada kuburan Belanda. Namun kini sudah menjadi areal perkantoran, yakni Kantor Kesbang Linmas Kabupaten Padangpariaman.

Meski penduduk Pariaman sudah bercampur, tapi  tetap memakai adat Minangkabau dalam kesehariannya. Hanya saja, sebagai daerah rantau, di Pariaman tidak diketemukan rumah gadang seperti di daerah darek. Rumah gadangnya tidak bergonjong sebagaimana rumah gadang di daerah darek seperti tanduk kerbau. 

Penulis: Bagindo Armaidi Tanjung

17 komentar:

  1. Mantap komah. Salam dari urang rantau

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Awak urang batang gasan da,
    Mantap artikel nyo

    BalasHapus
  4. mudah-mudahan bisa mengingatkan kita rang Piaman baik dirantau maupun di ranah. salam

    BalasHapus
  5. Armaidi Tanjung: Dima Meldy Mandays di batang gasan. kini dimana marantau? salam dari kampung.....

    BalasHapus
  6. Ado ngak Rajo di pariaman.ba,a gala gala tu sampai Ado tolong di muek kalau Ado

    BalasHapus
  7. Ado yg labiah tau sejarahnyo sedemikian
    Rinci

    BalasHapus
  8. Ambo alun pernah sakali juo ka kampuang halaman baek dari amak jo abak kato abak inyo chaniago tp dipanggil sutan.... aamak ambo dari cubadak aia apak dari batang kabuang... .Bilo ado carito dari cadiak pandai tentang nagari ambo ba'a awal mulanyo, mohon sakironyo di konentar coment ambo ko....
    Salam kenal
    Prima dari palembang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapo namo abak prima dan siapo namo amak prima

      Hapus
    2. Siapo namo abak prima dan siapo namo amak prima

      Hapus
  9. Blh nanyak gak darimana asal mula sutan rumah panjang??

    BalasHapus
  10. Jadi tau asal leluhur kita dahulu,apakah dari tanah datar,Agam atau solok.oiya ada yg bilang,leluhur orang Piaman itu adalah para pembesar kerajaan ditanah datar yg TDK puas terhadap kebijaksanaan kerajaan sehingga mereka hijrah untuk mencari daerah baru,mengenai kebenaran pendapat ini tentu harus diteliti lg

    BalasHapus
  11. Urang pariaman itu istilah kini e....INDO...
    Campuran minang + Jawa + Arab + India + chino + eropha.
    Yg punyo gala sidi dan bagindo adalah dipastikan abak
    Nyo berdarah Arab, yg bagala sutan abaknyo keturunan para datuak kerajaan pagaruyuang dan yg bergelar Marah adalah abaknyo (maaf) adalah rakyat jelata atau pendatang baru atau selain yg di sebut tadi....maaf kalau salah dikoreksi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Talabih dahulu ambo mintak maaf kasanak ambo kasadonyo, ketek nan indak disabuik kan namo, gadang nan indak disabuik kan gala. Nansabana e awak ko smonyo rumpum melayu keturun dari persia, gujarat jobirma, nepal daerah kawasan adia dan asia. Tu dulu mah smaso gunung marapi sgadang talua itik, samo urang tu mancari daerah tampek balabuh, dan pada hakikat nyo awak minangko turun dari pagaruyuang yg istilah urang piaman e dari darek turun karantau, tu dak bisa wak lupokan doh,karano bangsa yg bsartu bansa yg mengerti asal usul budayanya. Sedangkan pesisir pantai piaman itu daerah perdangangan mangkonyo masuknyo arab, india, cino,pursia untuk badangang mangaleh jo mamasuk kan kulturasi bsik kepercayaan nyo,maupun adatnyo situlah mangko barubahnyo kulturasi antro adat dan ajaran agama antara hindu dan islam,dek rancak msuk urang ko melalui budanyanyo,serta seni nyo skianyo ditarimolah dek urang minang ko mangko nyo tabie istilah asam digunguang garam di lauik nan artie agamo masuak dari pesisir pantai,adat dari darek,semakin manarimo nyo madysrat minang ko dan menyunyung tinggi dekmokrasi makonyo ditsrimo mancalik contoh ka nansudah, mancaliak tuah nan kamang, akirnyo timbulah setelah bersatu adat jo agamo semasa perang paderi, adat basandi sarak,sarak basandi kitab bullah, sarak mangato adat mamakai manuik ajar islam yg dibaok dek pedangan gujarat, jo pursia yg datang kepesir psntai tdi dapek lo ditarimo dek urang minang ko.nah jadi sabanyo awak ko samonyo samo datang dari darek, samo agamo hindu lunyo sabalum islam masuk, contoh e diadat wak bukti samoe klau mandoa pskai kumayan dan istilah pangilan kasta.sidi,ajo,dutan diubah stelah ajaran islam masuk

      Hapus
  12. Ajo ajo ,,ado nan tau ndak,rumah gadang perkumpulan datuak datuak suku koto di pariaman..

    BalasHapus
  13. Ado nan tau ndak rumah gadang perkumpulan datuak datuak suku koto di pariaman mohon imformasi uni ajo atau uda ambo....

    BalasHapus
  14. SIDI ( SITI utk wanita ) : Keturunan Rasul ( Habaib ), Bagindo ( Puti u/ wanita ) : keturunan Raja2 pagaruyung, Sutan : keturunan saudagar/konglomerat,
    Mara : keturunan rakyat biasa.

    BalasHapus